468x60 Ads


Rabu, 19 September 2012

straight dan crosover

Kabel UTP / Kabel LAN Straight atau Crossover dengan RJ-45

     Pengertian jaringan adalah interkoneksi antara minimal 2 komputer atau lebih, jika anda ingin membagi/ me- share dokumen,koneksi internet, dll, dengan media Switch mungkin kebutuhan akan jaringan dapat terpenuhi. Switch adalah suatu perangkat networking yang berfungsi sebagai terminal atau muara penghubung dari seluruh kabel-kabel yang ada .

Tapi apakah jika dirumah yang hanya memiliki 2 komputer saja harus membeli alat swicth? hanya untuk sekedar menghubungan komputer yang satu dengan yang lainya? jawabanya adalah TIDAK, cukup dengan mengolah atau menkonfigurasi ulang kabel UTP atau biasa disebut kabel DATA sebelum anda membuatnya, berikut alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat kabel DATA atau UTP:Alat – Alat Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mulai Merakit Kabel
Sebelum memulai merakit, kita perlu mempersiapkan beberapa item berikut ini:

  • ethernetcable2.jpgUTP Cable: Sudah pasti kita membutuhkan item ini J. Pastikan jenisnya CAT5 atau CAT6 yang merupakan standar internasional untuk kabel jaringan.


  • rj45.jpgKonektor RJ-45 : RJ merupakan singkatan dari (Registered Jack). Untuk kabel telepon biasanya menggunakan RJ-11, dan untuk kabel network tipenya RJ45.

  • crimpingtool.jpgCrimping Tool: Ini merupakan senjata kita dalam merakit kabel, karena dia punya kemampuan menyatukan dan menjepit kabel dengan konektor selain juga bisa dipakai untuk memotong kabel.

  • cabletester.jpgCable Tester: Ini digunakan setelah kita selesai merakit kabel, berfungsi untuk mengetes apakah kabel sudah dirakit dan berfungsi dengan benar. Alat ini akan lebih bermanfaat jika digunakan dengan radius yang jauh dari satu ujung ke ujung yang lainnya misalnya dari lantai 1 ke lantai 10.

*gambar diatas dikutip dari http://tianzega.wordpress.com/2007/09/10/merakit-sendiri-kabel-network-dengan-connector-rj-45-versi-tulis-ulang/

setelah dari alat-alat diatas tersedia, maka kita dapat langsung mencoba untuk mebuat kabel Cross/ straight sesuai kebutuhan, jika anda menginginkan koneksi antar 2 komputer/laptop, anda dapat membuat kabel cross, tapi jika anda menginginkan membuat kabel dengan menggunakan media switch anda dapat membuat kabel dengan pola Straight. dibawah ini akan dijelaskan mengenai cara membuat kabel cross dan straight.

secara teori seperti kabar diatas, sebelum melangkah ke urutan kabel ada kiranya saya jelaskan sedikit agar tidak terjadi kesalah pahaman ketika pemasangan kabel dengan konektor RJ-45.


diatas adalah gambar konektor RJ-45 saya menganggap RJ-45 tersebut menghadap keatas,


pada gambar diatas saya terdapat pin di RJ-45 saya menganggap RJ-45 tersebut menghadap ke bawah atau tampak belakan. Dibawah ini saya lampirkan gambar struktur kabel straight, yang biasanya dipakai untuk sambungan dari PC/Laptop ke switch atau sebaliknya, sambungan dari switch ke switch (jumper), dll.


Tampak diastas RJ-45 yang ada disebelah kiri strukturnya warna sama dengan RJ-45 disebelah kanan. (tidak ada persilangan kabel).

Untuk membuat kabel cross (persilangan) struktur warna kabelnya adalah


Tampak RJ-45 sebalah kiri menggunakan struktur warna kabel straight, kemudian RJ-45 sebelah kanan berbeda struktur warnanya dengan sebelah kiri

1. Orange putih ------------------ 1. Hijau putih
2. Orang ------------------------ 2. Hijau
3. Hijau putih --------------------- 3. Orange putih
4. Biru ---------------------------- 4. Biru
5. Biru Putih --------------------- 5. Biru Putih
6. Hijau -------------------------- 6. Orange
7. Coklat putih ------------------ 7. Coklat Putih
8. Coklat ------------------------ 8. Coklat

atau bisa kita lihat pada skema tabel dibawah ini:


Hasil dari kabel Cross tersebut akan menjadi seperti gambar dibawah ini:
Gambar berikut akan lebih memperjelas sturktur warna kabel straight dan cross


Sameera ChathurangaPosted By Sameera Chathuranga

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat contact me

Thank You

0 komentar:

Posting Komentar